News

Bawaslu Tabanan Ajak Sekaa Teruna Teruni Untuk Awasi Pemilu

 Rabu, 16 Maret 2022, 09:20 WITA

beritabali/ist/Bawaslu Tabanan Ajak Sekaa Truna Truni Untuk Awasi Pemilu.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tabanan menggandeng Sekaa Teruna Teruni (STT) dan Karang Taruna dalam sosialisasi pengawasan partisipatif pada Selasa, (15/3).

Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Made Rumada menyebutkan, pengawas partisipatif saat ini diharapkan bisa menjadi pemantik partisipasi masyarakat di lingkungannya untuk mengawasi jalannya demokrasi.

"Diharapkan peserta dapat menyebarluaskan informasi yang didapatkan kepada seluruh masyarakat di desa nya masing-masing," kata Rumada. 

Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Widyardana Putra mengatakan, dilihat dari pemilu yang telah berjalan sebelumnya, perhelatan demokrasi di Indonesia sudah berbenah menjadi lebih baik. 

"Kualitas Pemilu yang baik, harus didukung oleh partisipasi masyarakat yang baik pula," ujar Widy.

Lebih lanjut Pria asal Karangasem itu menjelaskan, partisipasi masyarakat sebenarnya adalah bentuk kesadaran, tentunya kesadaran itu yang akan membangkitkan keinginan masyarakat untuk ikut berperan aktif demi menghasilkan Pemilu yang lebih baik kedepannya.

"Dibutuhkan peran kesadaran masyarakat, STT, maupun Karang Taruna untuk menjadi pengawas partisipatif,” terangnya. 

Alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tabanan, Bima Oktadinata Kusuma serta Ni Putu Nanda Kabayan Sari berkesempatan untuk berbagi pengalamannya. 

"Menjadi pengawas partisipatif intinya adalah harus mempunyai jiwa sukarela, sukarela untuk ikut mengawasi jalannya demokrasi, dan suka rela untuk menjadi bagian dari Pengawas Pemilu," kata Bima Oktadinata Kusuma.

Penulis : bbn/tab







Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending