News

Bawaslu Libatkan Peran Desa Adat Dalam Pemilu

 Senin, 27 Desember 2021, 22:00 WITA

beritabali/ist/Bawaslu Libatkan Peran Desa Adat Dalam Pemilu.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Persiapan perhelatan Pemilu 2024 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Kabupaten Tabanan menguatkan lembaganya dengan melibatkan masyarakat adat untuk bersama nantinya mengawasi pelaksanaan Pemilu. 

Kerja sama ini dituangkan dalam penandatanganan MOU antara Bawaslu dengan Majelis Desa Adat berupa deklarasi Gerakan Masyarakat Adat Terkoordinasi Awasi Pemilu dan Jaga Pilkada (Gema Siwa Puja) pada Senin (27/12).

Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani mengatakan, demokrasi dan adat adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, artinya, bagaimana adat yang ada di Bali bisa memperkuat pengawasan Pemilu di seluruh Indonesia.

“Kita yakin Bali akan bisa menjadi trendsetter di Indonesia terkait adat dan budayanya, apalagi dengan adanya kerjasama dengan Majelis Desa Adat. Kami harap kerjasama ini bisa berlanjut secara berkesinambungan.” sarannya.

Terkait penandatanganan perjanjian tersebut, Ketua Bawaslu Tabanan, I Made Rumada menjelaskan, tujuannya meningkatkan serta membina hubungan kelembagaan antara para pihak dan menjaga keutuhan, kelestarian, dan kehormatan Desa Adat, stabilitas, serta mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang berkualitas, bermartabat, dan berintregritas. 

Termasuk juga mendorong masyarakat Adat (Krama Desa Adat Se-Kabupaten Tabanan) untuk melakukan pengawasan partisipatif dalam proses pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan, meningkatkan peran serta masyarakat Adat (Krama Desa Adat Se-Kabupaten Tabanan) untuk terlibat dalam pengawasan tahapan Pemilu dan Pemilihan, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran Masyarakat Adat (Krama Desa Adat Se-Kabupaten Tabanan) dalam menjaga martabat Desa Adat Se-Kabupaten Tabanan.


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending