News

Barisan Nasional Tolak PN, Isyaratkan Dukung Anwar Jadi PM Malaysia

 Kamis, 24 November 2022, 21:35 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Barisan Nasional Tolak PN, Isyaratkan Dukung Anwar Jadi PM Malaysia

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Koalisi Barisan Nasional (BN) yang pernah menguasai pemerintahan Malaysia mengindikasikan mendukung Anwar Ibrahim, selaku pemimpin koalisi Pakatan Harapan, sebagai perdana menteri baru usai pemilihan umum (Pemilu) mentok. Anggota utama BN, Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dalam rilis resmi pada Rabu (23/11) malam waktu setempat, seperti dikutip dari Reuters.

"Barisan Nasional mendukung dan mengambil bagian dalam pemerintahan persatuan yang tak dipimpin oleh Perikatan Nasional (PN) untuk memastikan pemerintahan yang stabil dan makmur," ujar Sekretaris Jenderal UMNO, Ahmad Maslan, seperti dikutip Channel News Asia.



Pernyataan itu muncul usai UMNO menggelar rapat dengan Perikatan Nasional dan Pakatan Harapan. Namun, pernyataan itu tak menyebut secara gamblang mendukung salah satu tokoh untuk jadi perdana menteri, termasuk nama Anwar Ibrahim.

Pada Sabtu lalu, Malaysia menggelar pemilu parlemen. Namun, tak ada partai atau koalisi partai politik yang mengantongi suara mayoritas.

Menurut konstitusi Malaysia, untuk bisa membentuk kabinet baru koalisi atau partai politik harus mengantongi 112 suara dari 222 total kursi parlemen.

Koalisi pimpinan Anwar, Perikatan Harapan (PH) meraih suara 82 kursi, terbanyak dalam Pemilu. Sementara itu, aliansi Muhyiddin Yassin, Perikatan Nasional (PN) mendapat 73 kursi dan Barisan Nasional punya 30 kursi.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.