News

Balian Kini Punya Kode Etik untuk Perlindungan Hukum dan Cegah Malapraktik

 Minggu, 18 Desember 2022, 05:34 WITA

beritabali/ist/Balian Kini Punya Kode Etik untuk Perlindungan Hukum dan Cegah Malapraktik.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Balian atau penyehat tradisional Bali akan memiliki kode etik yang akan melindungi mereka dalam menjalankan praktik.

Hal ini terungkap saat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gotra Pengusada Bali mengadakan Rapat Pimpinan yang menghadirkan seluruh Dewan Pimpinan Cabang di seluruh Kabupaten/Kota se-Bali, Sabtu (17/12/2022) di Gedung Dinas Kesehatan Bali, Denpasar.

Ketua DPP Gotra Pengusada Bali, Dr Putu Suta Sadnyana, SH, MH mengatakan dalam rancangan kode etik pengusada tersebut diwajibkan agar balian yang praktik secara turun temurun wajib memiliki surat terdaftar penyehat tradisional (STPT). Hal ini sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Kesehatan atau Permenkes tentang pengobatan tradisional empiris.

"Kalau tidak punya nantinya dikhawatirkan akan terjadi malapraktik administrasi. Jadi kita menghindari itu. Dengan adanya Pergub (Pergub no 55 Tahun 2019-red) ini kita bentuk Gotra Pengusada Bali dimana fokus salah satu mendasar bagaimana melindungi mereka dari sisi hukum. Kalau yang empiris itu memiliki STPT kalau yang komplementer itu punyai izin yang diperlukan," jelasnya.

Nantinya akan ada Tim Bidang Hukum yang lebih menggodok terkait persoalan kode etik dan aturan lainnya menyangkut organisasi. Terkait pengaduan, masyarakat bisa melakukannya ke Dewan Kehormatan yang nantinya akan memeriksa anggota di tiap-tiap DPC yang merupakan basis dari organisasi profesi ini.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami








Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending