News

Nusa dua

Bali Layak Jadi Pusat World Music

 Kamis, 17 November 2016, 09:34 WITA

google/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Beritabali.com, Nusa Dua. Bali dinilai layak menjadi pusat pengembangan World Music. Alasannya hingga saat ini hanya Bali yang mampu mempertahankan keberadaan musik tradisional dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia maupun di dunia. Selain itu Bali juga selalu menjadi salah satu tempat pilihan bagi group band ataupun musisi dunia untuk pentas.

Direktur Lokaswara Franky Raden, menyatakan bermain musik bagi masyarakat Bali bukan sebagai sebuah kewajiban atau pekerjaan untuk mendapatkan uang, tetapi menjadi sebuah gaya hidup. Hal ini dibuktikan dengan berkembangnya musik tradisional secara lestari mulai dari tingkat kelompok seni, banjar serta desa.

“Latihan di banjar setiap hari, mau ada upacara agama mau tidak tetap latihan, itu menurut saya kekuatan luar biasa, artinya rohnya masih ada, masih hidup, kalau dia maestro itu kerjaan sambilan bisa saja , yang jadi masalah memang mungkin pemusik tradisi kita belum bisa hidup dari musik, ini kalau Bali sudah menjadi pasar dunia, saya harapkan benar-benar bisa hidup dari musik,” kata Franky Raden, di Nusa Dua (6/11/2013).

Franky Raden menegaskan pemerintah harus menyadari bahwa Bali memiliki musical cultur capital, sehingga sudah selayaknya pemerintah memberikan dukungan baik material dan moral. Sementara di daerah lainnya pelestarian musik terutama musik tradisional hanya ditampilkan untuk acara tertentu.(mlt)



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending