News

AS dan Iran Memanas Lagi, Ada Apa?

 Rabu, 05 Oktober 2022, 10:05 WITA

beritabali.com/cnbcindonesia.com/AS dan Iran Memanas Lagi, Ada Apa?

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Hubungan Iran dan Amerika Serikat (AS) memanas. Ini akibat kematian Mahsa Amini, yang mengundang protes keras warga di negeri Syiah itu.
Paman Sam telah berjanji "menghukum" Iran atas tindakan kerasnya melada demonstran. Itu bahkan ditegaskan langsung Presiden AS Joe Biden.

"Pekan ini, AS akan mengenakan biaya lebih lanjut pada pelaku kekerasan terhadap pengunjuk rasa damai," kata Biden dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP, Rabu (5/10/2022).

"Kami akan terus meminta pertanggungjawaban pejabat Iran dan mendukung hak-hak warga Iran untuk memprotes secara bebas," tambahnya.

Biden mengatakan dirinya sangat prihatin. Menurutnya ada laporan penindasan yang semakin intensif terhadap para pengunjuk rasa.

"Washington mendukung semua warga Iran yang menginspirasi dunia dengan keberanian mereka," tegasnya lagi.



Protes masal meletus setelah kematian Mahsa Amini, wanita berusia 22 tahun yang ditahan oleh oleh polisi moral Iran karena tidak menggunakan hijab secara tepat. Diketahui, Iran telah mengambil kebijakan ketat soal penggunaan hijab setelah memberlakukan Hukum Islam pasca revolusi 1979.

Pejabat Iran berdalih bahwa wanita asal Kurdistan itu meninggal pada 16 September lalu setelah menderita "serangan jantung" dan jatuh koma setelah penangkapannya.

Namun, keluarganya mengatakan dia tidak memiliki kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya. Pihak berwenang sendiri sejauh ini telah mengatakan akan melakukan investigasi terhadap kematiannya.

Hal ini pun sontak memicu protes besar yang juga diisi wanita dalam jumlah besar. Beberapa pengunjuk rasa wanita telah melepas dan membakar jilbab mereka dalam aksi unjuk rasa dan memotong rambut mereka.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.