News

Alasan PC Tak Dapat Perlindungan Soal Dugaan Pelecehan

 Minggu, 25 September 2022, 18:07 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Alasan PC Tak Dapat Perlindungan Soal Dugaan Pelecehan

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi membeberkan alasan pihaknya tak memberi perlindungan kepada Putri Candrawathi (PC) sebagai korban dugaan pelecehan seksual dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Edwin mengatakan isu yang berkembang belakangan adalah seolah-olah ada upaya untuk meminta LPSK menerima hasil asesmen psikologis yang sudah dilakukan. Padahal, LPSK bisa melakukan asesmen psikologis sendiri sebagai second opinion.

"Menjadi pertanyaan kami, kenapa Ibu PC tidak bersedia memberikan keterangan kepada psikolog LPSK. Padahal, ibu PC bersedia menjelaskan pada Berita Acara Pemeriksaan(BAP). Kok ngomong milih-milih," kata Edwin di Bandung pada Jumat (23/9).

Edwin menjelaskan posisi PC adalah pemohon perlindungan LPSK, namun tidak mau menyampaikan apapun pada LPSK. LPSK melihat PC tidak antusias dan tidak responsif.

"Hanya ibu PC yang seperti itu, selama 14 tahun LPSK berdiri," jelasnya.

Dari situ LPSK melihat ada kejanggalan dan ketidaklaziman dalam kasus dugaan tindak kekerasan seksual pada rangkaian kasus pembunuhan Brigadir J. Ia pun menolak penggunaan instrumen legal UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) untuk menjustifikasi PC sebagai korban.

Edwin mengungkapkan UU TPKS tidak digunakan untuk melindungi orang seperti Putri, tapi melindungi korban yang sebenarnya.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.