News

AHY Disebut Bakal Jadi Cawapres Rebutan Partai Lain

 Rabu, 05 Oktober 2022, 07:18 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/AHY Disebut Bakal Jadi Cawapres Rebutan Partai Lain

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Hasil survei The Republic Institute menunjukkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal diperebutkan sebagai calon wakil presiden (Cawapres) oleh partai lain di Pilpres 2024.

Pasalnya, elektabilitas AHY sebagai cawapres menempati urutan kedua sebanyak 11,5 persen. Sementara pada posisi pertama diduduki oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 12,4 persen.

Peneliti utama The Republic Institute Sufyanto mengungkapkan ada pergeseran tren soal posisi cawapres. Saat ini, kata dia, posisi cawapres punya kontribusi besar. Hal itu yang akan membuat partai lain menengok AHY untuk dicalonkan sebagai Cawapres.

"Dulu wakil itu tidak terlalu memberikan kontribusi, tapi kalau saya lihat hari ini mas AHY bakal memberikan kontribusi banyak, sehingga mas AHY bakal jadi rebutan kalau melihat data seperti ini," kata Sufyanto di Kemang, Jakarta pada Selasa (4/10).



Berdasarkan surveinya yang dilakukan di Pulau Jawa, suara terbanyak yang bakal memilih AHY sebagai cawapres ditemukan di Banten dengan persentase 22,3 persen. Lalu, di Yogyakarta sebanyak 16,4 persen dan Jawa Tengah 11,7 persen.

Sementara itu, di DKI Jakarta, AHY hanya mendapat 6,9 persen. Di Jawa Barat sebanyak 5,5 persen.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.