News

Adu Tagar di Dunia Maya Jelang Demo 11 April

 Senin, 11 April 2022, 10:20 WITA

beritabali.com/detik.com/Adu Tagar di Dunia Maya Jelang Demo 11 April

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Menjelang demo 11 April 2022 di Jakarta, dunia maya diramaikan dengan adu tagar #MahasiswaBergerak dan #SayaBersamaJokowi. Diketahui bahwa yang bakal berdemo hari ini adalah Aliansi BEM SI.

Analis media sosial Drone Emprit and Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, lewat akun Twitter pribadinya, Minggu (10/4/2022), memberikan analisisnya tentang adu tagar itu. Terungkap bahwa ada akun bot yang membuat tagar-tagar tersebut naik.

"Hari ini di trending topik Twitter Indonesia bertengger cukup lama kedua tagar tersebut. #SayaBersamaJokowi di posisi #1 dengan 136K cuitan, #MahasiswaBergerak di posisi #2 dengan 84,9K cuitan (per analisis ini dibuat)," tulis Ismail Fahmi.

Dari database Drone Emprit, dia memaparkan bahwa tagar #MahasiswaBergerak muncul terlebih dahulu pada 9 April 2022, mencapai top 10 trending topic (TT) per pukul 10.50 pagi kemarin, lalu turun. Tren naik kembali menjelang tengah malam, lalu mencapai TT 1 dan 2 cukup lama pada 10 April 2022.

Sementara itu, tagar #SayaBersamaJokowi juga muncul pada 9 April 2022 dan mencapai top 10 TT Indonesia pada pukul 14.00 WIB kemarin. Sepanjang malam, pagi, hingga siang hari berikutnya (10 April 2022), tagar ini terus bertengger di top 3 hingga 1 TT Indonesia.

Berdasarkan analisisnya, volume percakapan #MahasiswaBergerak lebih tinggi pada 9 April. Namun kemudian disalip oleh tagar #SayaBersamaJokowi.

"Dari sebagian percakapan yang ditangkap Drone Emprit, tagar #MahasiswaBergerak tampak lebih tinggi volume percakapannya pada 9 April 2022. Namun kemudian disalip oleh #SayaBersamaJokowi pada hari berikutnya. Hal ini tampak dari total tweets yang diperlihatkan di TT," tuturnya.

Keduanya juga memiliki klaster percakapan yang hampir sama besar. Yang terbesar adalah tagar #MahasiswaBergerak.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.