News

7 Kapal Perang Rusia Dekati Tokyo, Jepang Was-Was

 Minggu, 19 Juni 2022, 13:55 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Kapal Perang Rusia Dekati Tokyo, Jepang Was-Was

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan sebanyak tujuh kapal perang Rusia mendekati Kepulauan Izu, Tokyo, pada pekan ini. Informasi tersebut diungkapkan pada Jumat (17/6), membuat Jepang bersikap waspada karena peningkatan aktivitas militer Rusia-China di dekat wilayahnya.

Sebagaimana diberitakan Kyodo News, kapal tersebut berlayar dari dekat Hokkaido. Kapal itu lalu terlihat di dekat beberapa pulau tak berpenghuni di Kepulauan Izu sejak Kamis (16/6) hingga Jumat (17/6).

Secara detail, kapal Rusia tampak berada di perairan yang berjarak 180 kilometer dari Semenanjung Boso, Prefektur Chiba, dekat Tokyo. Staf Gabungan Jepang mengungkapkan bahwa pesawat dan kapal patroli angkatan laut negara itu telah dikerahkan untuk memantau pergerakan kapal perang Rusia.

Tak hanya kapal perang Rusia, kapal perang China turut berada di dekat perairan Jepang pada Kamis (16/6).

Mengutip NHK, sebanyak dua kapal Angkatan Laut China, termasuk kapal pengumpul intelijen, berlayar ke arah timur melewati Selat Tsugaru menuju Samudera Pasifik. Perairan tersebut berada di antara pulau utama Jepang, yakni Honshu dan Hokkaido.


Halaman :