News

39 Napi Kerobokan Positif HIV

 Rabu, 09 November 2016, 08:28 WITA

google.com (Ilustrasi)

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Lembaga Pemasyarakat (LP) Kerobokan, Denpasar nampaknya menjadi salah satu Lapas yang banyak menampung narapidana narkoba pengidap HIV. Data dari tim dokter Lapas Kerobokan, saat ini terdapat 39 napi penderita HIV dan 12 diantaranya positif AIDS. Dengan adanya temuan itu, petugas Lapas kini berusaha memutus penyebaran HIV dari napi penderita tersebut kepada napi lainnya. Berbagai cara telah ditempuh termasuk kerja sama dengan beberapa LSM dan juga Rumah Sakit Umum.

"Kita terus lakukan sosialisasi dengan para napi terkait pencegahan HIV supaya tidak menular," ujar dokter Lapas Kerobokan, AA Hartawan usai pertemuan dengan Sekretaris Dirjenpas di Lapas Kerobokan, Senin (6/8).

Dikatakan pula, tidak ada sel kusus buat para penderita HIV. Mereka tetap berada satu sel dengan napi lain. "Sebagian besar napi tertular HIV melalui jarum suntik. Tapi ada juga yang ditemukan tertular melalui hubungan badan," jelas Hartawan.

Meski begitu, Hartawan menegaskan para penderita HIV di dalam Lapas Kerobokan mendapat penyakit tersebut ketika berada di luar. Belum ditemukan adanya kasus penularan HIV dalam Lapas. Jika dilihat presentase penderita HIV dengan penghuni Lapas, kondisi ini masih belum mengkhawatirkan.

 

 

"Karena masih dibawa 5 persen dari 900 lebih penghuni, jadi belum bisa disebut menghawatirkan. Tapi sosialisasi tetap kita lakukan," tandasnya. 

Penulis : bbn/bgl

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending