Politik

200 Advokat di Bali Deklarasi Kawal Prabowo-Gibran, De Gadjah Beber Dapil Rawan Kecurangan

 Kamis, 08 Februari 2024, 13:00 WITA

beritabali/ist/200 Advokat di Bali Deklarasi Kawal Prabowo-Gibran, De Gadjah Beber Dapil Rawan Kecurangan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Sebanyak 200 advokat, legal, dan notaris di Bali mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden (Capres-cawapres) Prabowo Subianto dan Rakabuming Raka dengan nama Tim Hukum Kawan Advokat dan Legal (Kawal) Prabowo-Gibran pada Rabu (7/2/2024) di Denpasar.

Dukungan ini diwujudkan dalam bentuk pengawalan dan pengawasan surat suara yang sudah dicoblos dan memastikan tidak ada intimidasi atau bentuk kecurangan dalam Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

Tim Hukum Kawal Prabowo-Gibran yang berada di masing-masing Kabupaten / Kota di Bali juga membentuk posko hukum sebagai bentuk pelayanan dan pengaduan jika terjadi pelanggaran saat Pemilu nanti, terutama pada desa-desa yang terkategori rawan kecurangan.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Bali, Made Muliawan Arya menyambut baik dukungan Tim Hukum Kawal tersebut selain di TKD Bali sendiri juga ada divisi hukum dan advokasi. Namun Tim Hukum ini dikhususkan ke desa-desa dan mendampingi saksi secara hukum.

"Setiap TPS nanti ada posnya minimal satu lah, kalau Dapil rawan kita siapkan dua-tiga pos. Jika ada indikasi pelanggaran, langsung bisa melapor ke pos-pos ini biar mereka (saksi, red) terlindungi lah secara hukum. Intinya kita belajar dari Pemilu sebelumnya, kali ini benar-benar ada perlindungan buat mereka dan tidak perlu khawatir tim ini nantinya juga akan ikut mengawasi," ungkap Ketua DPD Gerindra Bali itu.   

De Gadjah juga membeberkan sejumlah daerah yang masuk dalam kategori rawan kecurangan berkaca dari Pemilu 2019 lalu. Adapun daerah pemilihan atau dapil yang paling rawan menurutnya ada kabupaten yakni Badung, seperti di Petang, Abiansemal, Mengwi. Kedua, di Tabanan lebih tepatnya di Kecamatan Marga.

"Kami antisipasi semua, termasuk dapil-dapil rawan seperti Petang, Abiansemal, Mengwi, Marga, ini akan kita perketat, kita siapkan orang-orang profesional untuk mengawasi. Masa sih? Dari 100 persen suara di Dapil tersebut tidak ada 20 persennya, rasional dong. Bagaimanapun kita sudah persiapkan skemanya dengan matang biar ga kecolongan lagi," tegas De Gadjah.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending