News

1,5 Bulan Pilot Susi Air Disandera KKB Pimpinan Egianus Kogoya

 Minggu, 26 Maret 2023, 19:16 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/1,5 Bulan Pilot Susi Air Disandera KKB Pimpinan Egianus Kogoya

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Pilot pesawat Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, masih hilang kontak usai disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) setelah pesawatnya dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua, pada 7 Februari lalu.

Sejak insiden pembakaran tersebut, hingga hari ini, Minggu (26/3), penyanderaan Philip oleh KKB Pimpinan Egianus Kogoya telah berlangsung selama 1,5 bulan lamanya.

Meski telah berlangsung lama, pemerintah masih belum mau mengambil opsi penyerbuan terhadap Kelompok Egianus tersebut sampai saat ini.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan dalam operasi penyelamatan terhadap Philip, pihaknya tidak bisa serta merta mengambil tindakan terukur terhadap pihak penyandera.

Ia menegaskan operasi militer tidak mungkin dilakukan dalam penyelamatan Philip lantaran dikhawatirkan dapat membahayakan sandera atau pun masyarakat setempat.

"Kami tidak mau secara frontal yang menyebabkan bertambahnya korban. Oleh karena itu, kami tetap melakukan pendekatan secara persuasif bersama bupati dan tokoh masyarakat dalam upaya membebaskan pilot Susi Air yang disandera KKB," jelasnya pada Jumat (24/3).

Selain itu, Yudo juga menegaskan pihaknya masih mampu membebaskan Philip dan tidak memerlukan bantuan dari pihak luar, termasuk Selandia Baru yang menjadi negara asal pilot Susi Air itu.

"Dia (Selandia Baru) tetap menyerahkan kepada kita, percayakan pada kita. Dia menawarkan bantuan, tapi saya masih mampu menyelesaikan," jelas Yudo dalam konferensi pers, Rabu (8/3).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga telah mewanti-wanti bahwa keselamatan tetap menjadi prioritas utama dalam upaya pembebasan dari KKB. Oleh karenanya, Jokowi meminta tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri agar melakukan upaya pembebasan dengan penuh kehati-hatian.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending