Hukrim

Kronologi Warga Jembrana Jadi Korban Penipuan Online, Tabungan Terkuras Rp798 Juta

 Senin, 06 Februari 2023, 21:15 WITA

beritabali/ist/Kronologi Warga Jembrana Jadi Korban Penipuan Online, Tabungan Terkuras Rp798 Juta.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Warga Jembrana menjadi korban kasus penipuan online dimana modus para pelaku mengirim pesan singkat kepada korban yang berisi pemberitahuan sebagai pemenang hadiah undian.

Alih-alih berharap hadiah datang, korban malah mengalami kerugian hingga Rp700 juta lebih. Satreskrim Polres Jembrana telah menangkap pelakunya, Eko Jaya Saputra di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, korban penipuan, HA, 40, dari Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara. Kapolres menjelaskan kronologis awal kejadian ketika korban pada Senin (2/1), sekitar pukul 11.26 WITA menerima pesan melalui Whatsapp dari nomor yang tidak dikenal. Pesannya, meminta waktu korban untuk dihubungi. 

"Saat menelpon korban dan pelaku menyampaikan kepada korban mendapatkan hadiah undian dari bank yang juga bank korban menabung," jelasnya.

Namun, untuk dapat mengambil hadiah dari undian tersebut, pelaku yang diketahui bernama Eko Jaya Saputra, 29, meminta korban mengirimkan kode one time password (OTP) yang sudah diterima oleh korban di handphone kepada pelaku dan kemudian oleh korban kode OTP tersebut dikirim ke pelaku.

Ternyata, setelah korban mengirim kode OTP kepada pelaku, kemudian korban mendapat pemberitahuan bahwa ada dana keluar dari rekening korban sebesar Rp. 499.999.999. pemindah bukuan kepada rekening atas nama Rino Afsi, selang berapa saat kemudian pemberitahuan bahwa dana keluar sebesar Rp 299.000.000 ke rekening atas nama Deri Siswanto. 

"Setelah korban mengetahui ada dana keluar dengan jumlah tersebut, kemudian korban menghubungi nomor Whatsapp tersebut namun sudah tidak aktif," jelasnya.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami








Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending