Ekbis

Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Masih Belum Jelas, Investor Baru Tak Lolos Seleksi

 Senin, 27 Mei 2024, 22:31 WITA

bbn/dok beritabali/Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Masih Belum Jelas, Investor Baru Tak Lolos Seleksi.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Nasib pembangunan Tol Gilimanuk - Mengwi di Bali masih belum jelas setelah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan investor PT Bangun Sarana Agung tak lulus seleksi hasil pelelangan pengusahaan jalan tol tersebut.

Hal ini diumumkan setelah panitia pelelangan pengusahaan jalan tol telah selesai mengevaluasi dokumen prakualifikasi perusahaan/konsorsium. Namun dalam keterangan tersebut, BPJT masih membuka sanggahan kepada PT Bangun Sarana Agung apabila keberatan terhadap hasil keputusan tersebut.

"Sesuai dengan ketentuan dalam dokumen prakualifikasi (pasal ll.Q.1), peserta prakualifikasi yang keberatan atas penetapan hasil prakualifikasi dapat mengajukan sanggahan secara tertulis selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja setelah tanggal pengumuman prakualifikasi," ungkap Anggota BPJT Unsur Pemangku Kepentingan BPJT yang juga Panitia Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Sony Sulaksono Wibowo dalam pernyataannya 22 Mei 2024 lalu, dikutip Senin (27/5/2024).

Dalam catatan CNBC Indonesia, proyek pembangunan Tol Gilimanuk - Mengwi di Bali sempat mangkrak sejak 2022 setelah badan usaha jalan tol (BUJT) yakni PT Jagat Kerti Bali mundur dengan alasan tidak bisa melakukan pemenuhan untuk pembiayaan atau financial close. Dalam proses pembangunan, PT Jagat Kerti Bali juga sudah membebaskan lahan 44,64 hektare senilai Rp 112,37 miliar.

Mengutip laporan KPBU Kementerian Keuangan, proyek Tol Gilimanuk - Mengwi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional. Proses Transaksi dari proyek ini dimulai sejak Pengumuman Prakualifikasi proyek ini pada tanggal 25 Februari 2021.

Pada tanggal 23 Februari 2022 diumumkan penetapan hasil negosiasi pelelangan pengusahaan Tol Gilimanuk - Mengwi dan menyatakan bahwa Konsorsium PT Sumber Rhodium Perkasa (80%), PT Cipta Sejahtera Nusantara (15%) dan PT Sentosa Dwi Agung (5%) sebagai pemenang lelang atas proyek ini. Konsorsium ini membentuk Badan Usaha Pelaksana (BUP) yang selanjutnya dikenal sebagai PT Tol Jagat Kerthi Bali.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending