Ekbis

Program Co-Firing Biomass di PLTU Sumbawa Barat Gunakan Bonggol Jagung

 Kamis, 01 Desember 2022, 09:24 WITA

beritabali/ist/Program Co-Firing Biomass di PLTU Sumbawa Barat Gunakan Bonggol Jagung.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Uji coba 100 persen pelaksanaan Co-Firing Biomass dengan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dilakukan di PLTU Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Yakni dengan menggunakan bonggol jagung. 



General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo mengatakan hal ini merupakan suatu prospek yang luar biasa bagi PLTU Sumbawa Barat. 

“Benar kami telah melakukan uji coba 100 persen Co-Firing PLTU dengan pemanfaatan energi baru terbarukan yaitu menggunakan bonggol jagung, hal ini merupan suatu prospek yang luar biasa bagi kami,” ujarnya, saat diskusi lanjutan mengenai program Co-Firing Biomassa di Ruang Rapat Anggrek Kantor Gubernur, Mataram, Rabu (30/11).

Sudjarwo mengatakan, langkah selanjutnya yang akan PLN lakukan adalah melaksanakan MoU dengan Pemprov NTB agar nantinya program ini dapat berjalan dengan semestinya dan teratur.

Menindaklanjuti program Co-Firing Biomass yang diinisiasi PLN, Pemerintah Provinsi NTB terus mempersiapkan semua yang dibutuhkan agar Co-Firing Biomass dapat diterapkan sepenuhnya di NTB. 

Hal ini sejalan dengan mewujudkan komitmen Net Zero Emission (NZE) atau Nol Emisi Karbon di tahun 2050. Co-firing sendiri merupakan rencana substitusi batubara dengan bahan biomassa pada rasio tertentu.


Halaman :





Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.