Ekbis

PLTS 1 MWp Desa Kayubihi Bangli Direvitalisasi, Tingkatkan Kapasitas Produksi Hingga 50%

 Kamis, 06 Juni 2024, 10:55 WITA

beritabali/ist/PLTS 1 MWp Desa Kayubihi Bangli Direvitalisasi, Tingkatkan Kapasitas Produksi Hingga 50%.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Bangli. 

Bupati Bangli SN Sedana Arta hadiri acara serah terima Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Antara Kitech dan ELT dengan PT. Bhukti Mukti Bhakti (BMB) Kabupaten Bangli bertempat di PLTS 1 MWp Desa Kayubihi Bangli pada Rabu (05/06/2024).

Pembangkit Listrik Tenaga Surya On Grid 1 MWp yang saat ini dikelola oleh PT Bhukti Mukti Bhakti dibangun pada tahun 2012 dengan anggaran dari APBN oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. 

Pada tahun 2016 PLTS telah dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Bangli dan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Jual Beli Listrik antara Perusahaan Daerah Bhukti Mukti Bhakti dengan PT. PLN ( Persero) pada tahun 2018. Sampai saat ini kondisi PLTS semakin menurun dimana dikarenakan usia inverter dan keterbatasan Sumber dana serta Sumber Daya untuk memperbaiki inventer pada PLTS. 

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bangli telah membuka akses bagi semua pihak yang ingin berkontribusi dalam pengembangan PLTS On Grid 1 MWp di Kabupaten Bangli. Diantaranya pihak-pihak yang telah berkontribusi terhadap perbaikan kerusakan beberapa inverter pada PLTS adalah USAID-SINAR dan PT Bintang Terang Indonesia. 

Mengingat pentingnya pengembangan Energi Baru Terbarukan, maka Pemerintah memiliki peran penting dalam mendukung dan memfasilitasi transformasi energi. Untuk itu dibutuhkan kemitraan dari berbagai pihak yang diantaranya melalui BUMN Korea Selatan yang akan memberikan hibah inverter untuk perbaikan PLTS. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2023 Tentang Urusan Pemerintah Konkuren Tambahan di Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral pada Subbidang Energi Baru Terbarukan pada Pasal 4 bahwa urusan Pemerintahan Konkuren Tambahan di Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral pada Subbidang Energi Baru Terbarukan.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Bangli 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending