Start up

Mengapa Banyak Perusahaan Beralih Menggunakan Absensi Kehadiran Online?

 Jumat, 18 November 2022, 10:53 WITA

bbn/ilustrasi/Mengapa Banyak Perusahaan Beralih Menggunakan Absensi Kehadiran Online?

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Memiliki absensi kehadiran berbasis online tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan. Hadirnya absensi kehadiran membuat perusahaan semakin mudah memanajemen karyawannya dengan tepat. 



Hal ini akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dan meraih kesuksesan. Penggunaan absensi kehadiran karyawan menjadi solusi mengatasi masalah kecurangan waktu yang kerap terjadi dan berdampak pada kerugian perusahaan. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini pencatatan kehadiran karyawan bisa dilakukan secara online melalui absensi kehadiran online
Sebelum teknologi ini hadir, perusahaan-perusahaan harus melakukannya secara manual menggunakan kertas atau daftar sederhana berisi nama karyawan beserta jam kehadiran mereka. 

Hal ini tentu sangat tidak efektif, terlebih bagi perusahaan yang memiliki karyawan dalam skala yang besar misalnya ratusan karyawan. Tim HRD tentu saja akan menghabiskan waktunya selama berjam-jam ketika harus membuat laporan terkait informasi karyawan dalam perusahaan tersebut secara manual.

Hadirnya absensi kehadiran berbasis aplikasi online membuat proses absensi menjadi lebih efektif. Tak hanya mempermudah karyawan melakukan absensi harian, aplikasi tersebut juga memberikan banyak manfaat yang dapat mendukung kesuksesan perusahaan. 

Mengapa Banyak Perusahaan Beralih Menggunakan Absensi Kehadiran Online?

Terdapat beberapa alasan mengapa absensi kehadiran online saat ini menjadi pilihan banyak perusahaan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lebih Efektif dan Efisien

absensi kehadiran online jauh lebih efektif dan efisien untuk digunakan jika dibandingkan dengan absensi kehadiran konvensional. Sebagai contoh, mesin absensi fingerprint membutuhkan waktu yang lama untuk memindai sidik jari dan mencatat kehadiran karyawan. Terkadang sistem juga kesulitan saat memindah sidik jari terutama ketika tangan karyawan dalam kondisi kotor atau basah.

Di sisi lain, absensi digital bisa mencatat daftar kehadiran secara lebih cepat hanya dengan satu klik saja. Selain itu, aplikasi juga dapat diinstal pada masing-masing perangkat karyawan sehingga mereka tidak perlu mengantri saat ingin melakukan clock in atau clock out.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.