Ekbis

Jelang Lebaran, Permintaan Daging Sapi di Banyuwangi Melonjak, Sapi Bali Didatangkan

 Rabu, 19 April 2023, 19:21 WITA

bbn/liputan6.com/Jelang Lebaran, Permintaan Daging Sapi di Banyuwangi Melonjak, Sapi Bali Didatangkan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Banyuwangi. 

Mendekati lebaran 2023 permintaan daging sapi di Banyuwangi naik dua kali lipat mencapai 8 ton per hari. Di hari biasa permintaan hanya sekitar 4 ton per hari.

"Kebutuhan daging sapi kita sangat tinggi. Hampir 200 persen kenaikannya jelang lebaran," ujar Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dispertan Banyuwangi, Nanang Sugiharto, Selasa (18/4/2023).

Beberapa pedagang bahkan sengaja mendatangkan sapi Bali untuk memenuhi stok daging di Banyuwangi. Namun sebagian besar memilih sapi lokal karena harga cenderung lebih murah.

Menurutnya, peningkatan permintaan daging di Banyuwangi sudah berlangsung sepekan terakhir. Meski pasokan daging tinggi, Dinas Pertanian dan Pangan memastikan stok dalam keadaan aman.

"Sehari saja RPH di Banyuwangi misa melakukan pemotongan 70-80 ekor dari hari biasanya hanya 36 ekor. Jadi kita masih mampu," tegas Nanang.

Saat ini harga daging sapi tengah naik dari Rp 120 ribu naik jadi Rp140 ribu per kilogram. 

Sementara untuk daging ayam, dari Rp30 ribu, kini tembus Rp33 ribu. Sedangkan ayam kampung ikut naik dari harga awal Rp 85 ribu kini mencapai Rp 90 ribu.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending