Ekbis

Budidaya Jamur Tiram, Petani Muda Berdayakan Perempuan

 Kamis, 18 Agustus 2022, 22:25 WITA

beritabali/ist/Budidaya Jamur Tiram, Petani Muda Berdayakan Perempuan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, NTB. 

Dianawati, perempuan muda asal Desa Joben, Kabupaten Lombok Timur, sukses membangkitkan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan mengajak para perempuan di Desanya untuk bangkit menghasilkan omzet jutaan rupiah per bulan.



Melalui budidaya jamur tiram dengan memanfaatkan lahan pekarangan, kemudian menjadi berbagai macam olahan. Jika kebanyakan perempuan masa kini lebih memilih untuk mengutamakan fashion dan berbagai asesoris terbaru, maka tidak bagi Dianawati yang justru lebih memilih menjadi petani jamur tiram.

Berbekal pengetahuannya tentang ilmu pertanian sejak duduk di bangku kuliah, Dianawati ia sukses mengajak para perempuan di desanya melalui kelompok wanita tani.

"Alhamdulillah usaha ini cukup diminati banyak orang dan kita bisa memberdayakan perempuan setempat melalui kelompok wanita tani disini," kata Dianawati, Rabu (18/8).

Berkat kerja keras, ilmu yang dimiliki dari kuliah dan dukungan kedua orang tuanya, kini budidaya jamurnya sudah memiliki banyak pembeli. Pesanan jamur tiram juga telah tersebar di Kabupaten Lombok Timur.

Pembeli jamur tiram, kata Dianawati, beraneka ragam, ada yang mengolahnya menjadi berbagai macam olahan dan ada juga yang membeli baglok atau benih jamur untuk dibudidaya di rumah mereka.

“Biasanya mereka membeli dari 10 sampai 1.000 baglog untuk dibudidaya," ujarnya.

Setiap hari Dianawati bersama rekan perempuannya memanen jamur tiram dari 3-10 kilogram, tergantung cuaca, karena tingkat pertumbuhan jamur akan cukup berpengaruh ketika cuacanya bagus.


Halaman :