Ekbis

Wujudkan Akuntabilitas dan Transparansi

Bank BPD Bali Optimalkan Layanan Siskeudes Link untuk Digitalisasi Keuangan Desa

 Rabu, 29 Mei 2024, 20:07 WITA

beritabali/ist/Bank BPD Bali Optimalkan Layanan Siskeudes Link untuk Digitalisasi Keuangan Desa.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Buleleng. 

Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) telah mampu mewujudkan akuntablitas dan transparansi pengelolaan keuangan desa, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng bersama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali akan meningkatkan pelayanan Siskeudes Link CMS yang terintegrasi dalam transaksi non tunai secara real time.

Demikian terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan aparatur desa dan kelurahan se-Kabupaten Buleleng terkait Optimalisasi Digitalisasi Transaksi Keuangan Desa dan Evaluasi Implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Link, Rabu 29 Mei 2024 di Banyualit Resort and Spa Kalibukbuk Lovina, Buleleng.

Direktur Operasional dan Teknologi Informasi Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setiayasa, di sela-sela kegiatan menyebutkan, FGD yang dilaksanakan tersebut menjadi penting dengan tujuan untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan desa. 

"Integrasi ini memungkinkan sistem perbankan yang terhubung dengan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, guna menciptakan tata kelola pemerintah desa yang transparan dan memudahkan akses pengelolaan keuangan desa secara real-time," ungkapnya.

Ida Bagus Gede Setiayasa juga menekankan pentingnya digitalisasi keuangan desa sebagai langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan, serta mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat desa. 

"Dengan demikian, diharapkan seluruh perangkat desa dapat lebih siap dan terampil dalam mengelola keuangan desa secara digital," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, dimana pengelolaan dana desa di Buleleng telah mendapatkan predikat kedua terbaik di Bali. Hal ini menunjukkan bahwa sistem digitalisasi keuangan desa di Buleleng relatif baik. 

"Kita berharap hasil FGD ini mendorong kita untuk bersama-sama membangun tata kelola keuangan di desa dengan lebih akuntabel, transparan dan juga mampu membantu memperkuat keberadaan bank persepsi milik Pemerintah Daerah, yaitu Bank BPD Bali," ujar Sekda Suyasa.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Buleleng 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending