Ekbis

Perekonomian Mulai Bangkit

Bank BPD Bali Menatap Optimis Pasca-Pencabutan Restrukturisasi Kredit Debitur Terdampak Covid-19

 Selasa, 02 April 2024, 17:51 WITA

beritabali/ist/Bank BPD Bali Menatap Optimis Pasca-Pencabutan Restrukturisasi Kredit Debitur Terdampak Covid-19.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, SH, MH menyambut baik keputusan pencabutan Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor 34/KDK.03/2022 terkait kebijakan stimulus restrukturisasi atas debitur terdampak Covid-19 pada tanggal 31 Maret 2024. 

Hal ini karena sesuai data Biro Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali menyatakan bahwa sampai dengan Desember 2023, perekonomian Bali telah tumbuh sebesar 5,86% secara y-o-y dibandingkan dengan Desember 2022. 

Hal ini menandakan bahwa stimulus tersebut terbukti ampuh dalam mendorong penguatan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil & Menengah termasuk juga perbankan yang menyalurkan kredit atau pembiayaan kepada sektor tersebut. 

Sebagai upaya mitigasi risiko berkenaan dengan pencabutan kebijakan tersebut, sejak tahun 2020, Bank BPD Bali telah mengambil langkah-langkah antisipatif, diantaranya dengan melakukan monitoring ketat terhadap kredit yang bermasalah untuk mengantisipasi trend pemburukan kredit yang didukung oleh kemampuan analitik, selektif dalam melakukan restrukturisasi kredit khususnya kredit yang berulang dan melakukan pembentukan cadangan atas kredit bermasalah secara konservatif.

Selain itu, pihaknya juga melepas atau menghapus tagging atau penandaan atas restrukturisasi kredit terdampak pandemi covid-19 secara bertahap, dimana penandaan dihapus apabila debitur telah memenuhi kewajiban sesuai perjanjian kredit terakhir. 

Penandaan ini merupakan aspek penting untuk mengecualikan kredit restrukturasi dari penghitungan kualitas yang rendah di bank. Melalui strategi tersebut, Bank BPD Bali dapat mempertahankan Non Performing Loan (NPL) pada tingkat 1,29% per posisi Pebruari 2024.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending