Banner Image
Banner Image

Desa

Desa Penglipuran Masuk Daftar Desa Wisata Terbaik di Dunia Versi UNWTO

 Sabtu, 21 Oktober 2023, 01:19 WITA

bbn/dok beritabali/Desa Penglipuran Masuk Daftar Desa Wisata Terbaik di Dunia Versi UNWTO.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Sidang umum ke-25 The United Nation World Tourism Organization (UNWTO) yang diadakan di Samarkand, Uzbekistan, 16-20 Oktober 2023 memutuskan Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali masuk dalam daftar desa wisata terbaik di dunia.

Penghargaan yang diberikan UNWTO ini mengakui desa-desa terbaik di dunia yang terdepan dalam memelihara keasrian kawasan pedesaan dan melestarikan bentang alam, keanekaragaman budaya, nilai-nilai lokal, dan tradisi kuliner.

Pada sidang kali ini, sebanyak 54 desa di dunia terpilih menjadi yang terbaik. Dengan demikian, total ada 74 desa yang termasuk ke dalam daftar.

Mengutip dari situs Kemenparekraf Wonderful Indonesia, Desa Penglipuran adalah salah satu desa wisata unggulan di Bali dan telah masuk dalam kategori desa

Pada September 2022 lalu, Desa Wisata Penglipuran dikunjungi perwakilan UNWTO, Menteri Pariwisata G20, sejumlah organisasi internasional, serta stakeholder pariwisata nasional dan internasional dalam rangka perayaan World Tourism Day.

Pada kesempatan itu, Sekjen UNWTO Zurab Pololikashvili menyarankan agar Desa Penglipuran diikutsertakan ke ajang Best Tourism UNWTO.

"Sekjen UNWTO Mr. Zurab sangat terkesima dengan keindahan Desa Wisata Penglipuran dan sempat menanyakan kenapa tidak diikutkan ke ajang Best Tourism Village UNWTO. Dengan dorongan dari Sekjen, kami akan tindak lanjut di event depan," ungkap Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di Desa Wisata Penglipuran, kala itu.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending