About Bali

Sejarah Lahirnya Provinsi Bali, Hari Ini Menjadi 63 Tahun

 Sabtu, 14 Agustus 2021, 10:00 WITA

beritabali/ist/Sejarah lahirnya provinsi Bali, hari ini menjadi 63 tahun.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Tepat hari ini, Provinsi Bali memasuki usia ke-63 tahun. Terbentuk pertama kali pada 14 Agustus 1958 yang ditetapkan dengan undang-undang nomor 64 tahun 1958. 

Sebelum menjadi Provinsi, sejarah lahirnya provinsi Bali awalnya pernah dikuasai kerajaan Majapahit dan ibukota sebelumnya berada di Singaraja yang kemudian dipindah ke Denpasar pada tahun 1960.

Lalu, bagaimana sejarah lahirnya provinsi Bali hingga mencapai di usia ke-63 tahun saat ini, berikut deretan peristiwa yang melatarbelakanginya.     

Sebelum menjadi sebuah provinsi seperti saat ini, pada tahun 1343, Pulau Bali dikuasai oleh Kerajaan Majapahit. Gajah Mada atas nama Kerajaan Majapahit menugaskan Dalem Ketut Sri Kresna Kepakisan menjadi raja di Bali. Dia kemudian menghadapi pemberontakan rakyat "Baliaga". 

Mereka kebanyakan berasal dari desa-desa di pegunungan Kabupaten Bangli dan Karangasem. Berkat dorongan moral dari Gajah Mada, raja Bali dapat menumpas pemberontakan tersebut.

Kerajaan Bali mencapai kejayaannya pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong. Sebaliknya, pengganti Dalem Waturenggong, yaitu, Dalem Bekung adalah orang yang sangat lemah dan tidak berwibawa. Karena itu, dalam menjalankan roda pemerintahannya, Dalem Bekung dibantu oleh paman-pamannya, yaitu, I Dewa Gedong Arta, I Dewa Nusa, dan I Dewa Anggunan.


Halaman :






Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending