About Bali

Merasakan Negeri di Atas Awan Asal Kintamani

 Kamis, 08 September 2022, 22:58 WITA

bbn/kumparan/Merasakan Negeri di Atas Awan Asal Kintamani

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Bangli. 

Pulau Bali memiliki warisan keindahan alam pegunungan. Lokasi ini berada di daerah Kintamani yang berhawa sejuk pada ketinggian 1.200-1.900 meter di atas permukaan laut.

Sebuah kecamatan dengan luas 366,92 km persegi yang berada di Bangli Kintamani menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang tidak punya pantai atau laut.



Lokasinya sekitar 60 km dari pusat kota Denpasar atau 1,5 jam perjalanan darat. Kintamani didiami hampir 100 ribu jiwa dengan mata pencarian sebagai petani, jasa pariwisata, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Namun, bagaimana perjalanan cerita asal usul penamaan Kintamani. Mengutip dari laman resmi Pemerintah Kecamatan Kintamani, nama daerah itu rupanya sudah ada dalam Wrhaspati Tattwa.

Ini adalah sebuah lontar tua berbahasa Sansekerta dan Jawa kuno terdiri dari 75 pasal atau sloka. Kintamani berasal dari kata Cintamani, dalam sloka 65 disebut sebagai Asta Guna atau tempat yang dikehendaki.

Lain lagi pendapat mendiang tokoh budaya dan sastra kuno setempat, I Nyoman Singgin Wikarman. Ia memperkirakan, Kintamani atau Cintamani dalam kitab Weda diartikan sebagai sesuatu yang dapat memberi kebahagiaan lahir dan batin.

Sebagai daerah di ketinggian, kabut tebal acap menyelimuti sebagian Kintamani sejak pagi hingga siang hari, utamanya pada Agustus hingga Maret.


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Bangli 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending