About Bali

Ritual Penutup Rangkaian Aci Ngusaba Kapat

Mengenal Tradisi Mesantalan di Dusun Bangbang Biaung Karangasem

 Sabtu, 22 Oktober 2022, 19:06 WITA

beritabali/ist/Mengenal Tradisi Mesantalan di Dusun Bangbang Biaung Karangasem.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Sore ini, langit di atas Pura Puseh Bangbang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem diselimuti awan mendung. Dari kejauhan, sesekali terdengar suara gemuruh sebagai pertanda akan turunnya hujan di wilayah tersebut. 



Namun, bagi krama penyatur Desa Pakraman Duda di Dusun Bangbang Biaung, kondisi cuaca tak menjadi halangan bagi mereka untuk mengikuti rangkaian tradisi "Mesantalan" yang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang jatuh pada hari ini, Sabtu (22/10/2022). 

Sebelum tradisi ini dimulai, sekitar pukul 13.00 WITA, ratusan krama laki - laki, perempuan, remaja hingga anak - anak, mulai berdatangan membawa banten ke Pura Puseh yang berada sekitar 500 meter di sebelah selatan Kantor Camat Selat tersebut. 

Setelah semua krama datang, banten yang dibawa langsung dihaturkan di area utama mandala pura. Sementara pemangku sedang muput, sebagian krama laki - laki duduk menunggu persembahyangan di area madya mandala Pura. Sementara yang lain ada juga yang terlihat ngobrol di luar Pura.

Sampai akhirnya, muncul aba-aba dari pengelingsir pura, seluruh krama kemudian menuju areal utama mandala untuk mengikuti persembahyangan bersama yang dipuput oleh seorang pemangku.

Usai melaksanakan persembahyangan, tepat pukul 14.30 WITA, krama laki - laki kemudian membaur menjadi dua kelompok. Satu kelompok berada di utama mandala pura dan sebagain ada diarea madya mandala pura.


Halaman :





Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.



Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending