About Bali

Makna Tradisi Siat Sarang di Desa Adat Selat, Puluhan Pemuda Saling Serang

 Jumat, 09 Februari 2024, 07:46 WITA

beritabali/ist/Makna Tradisi Siat Sarang di Desa Adat Selat, Puluhan Pemuda Saling Serang.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Puluhan pemuda di Desa Adat Selat, Karangasem saling menyerang di jalan raya menggunakan "sarang". Aksi mereka ditonton oleh ratusan warga serta mendapat pengamanan dari pecalang maupun pihak kepolisian. 

Aksi saling serang antar kelompok pemuda tersebut bukanlah kerusuhan, melainkan bagian utama dari pelaksanaan tradisi siat sarang atau perang sarang yang memang rutin digelar setiap tahun menjelang upacara usaba dimel. 

Kelian Ngukuin Desa Adat Selat, Jero Mangku Wayan Gede Mustika mengunhkapkan, ritual atau tradisi Siat Sarang merupakan rangkaian aci petabuhan yang bermakna sebagai pecaruan atau nyomia Bhuana Agung dan Alit yang dilaksanakan pada hari ini, Kamis (8/2/2024). 

“Siat sarang ini diperuntukkan khusus untuk nyomia Bhuana Alit, krama yang secara tulus sadar memerangi mengendalikan hawa nafsu yang menyerupai perilaku bhuta kala agar mampu dikendalikan supaya betul-betul menjadi pikiran tulus suci menyambut Upacara Usaba Dimel tiga hari mendatang,” kata Mustika. 

Ia menjelaskan, inti dari Tradisi Siat Sarang tersebut adalah pengendalian diri, Sarang yang dilempar memiliki makna melepas hawa nafsu yang ada di dalam hati serta melepas perilaku Sadripu yang ada dalam diri masing masing sehingga pada saat upacara usaba sudah betul-betul somia.

Untuk Sarang yang dipergunakan dalam tradisi ini merupakan Sarang yang sebelum sudah dipergunakan sebagai alas membuat jajan yang akan dihaturkan saat usaba. Sebelum dipergunakan, Sarang terlebih dulu di upacarai, sejumlah sarana pelengkap dalam upacara petabuhan seperti tenge-tenge yang berisi gambar bhuta kala dikumpulkan lalu dimasukkan kedalam sarang lalu di upacarai ditaruh di depan rumah, sebelum nantinya dikumpulkan.


Halaman :





Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending