About Bali

5 Ide Oleh-oleh Unik Anti-mainstream dari Bali

 Kamis, 07 Juli 2022, 23:16 WITA

bbn/minews.id/5 Ide Oleh-oleh Unik Anti-mainstream dari Bali

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Apalah artinya berlibur tanpa membeli cenderamata dari tempat yang kita kunjungi saat wisata, terlebih jika kamu sedang berlibur ke Bali. Selain menikmati pemandangan pantai yang luar biasa indah, kamu juga wajib memboyong sejumlah oleh-oleh anti-mainstream dari Pulau Dewata.

Oleh karenanya, artikel ini akan memberikanmu beberapa rekomendasi oleh-oleh unik yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke tempat-tempat hidden gem di Bali.

Mau tahu destinasi wisata yang lagi tren di Bali? Follow akun Instagram @pesona.indonesia dan Tiktok @pesonaindonesia untuk mendapatkan info terkini seputar pariwisata di seluruh penjuru Indonesia!

1. Kain Tenun Endek

Kain tenun Endek berasal dari kata ‘Gendekan’ atau ‘Ngendek’ yang artinya tetap. Maksudnya, saat benang pembuatan kain diikat dan dicelupkan ke dalam pewarna, warna benang tersebut tidak berubah.



Kamu bisa menemukan kain tenun Endek di sejumlah wilayah di Bali. Setiap daerah yang menjadi persebaran Kain Tenun Endek Bali, namanya pun mengikuti nama daerah, misalnya Endek Gianyar, Endek Klungkung, dan lain sebagainya.

Sama dengan karya seni daerah lainnya, kain tenun endek dari Bali juga memiliki berbagai motif yang kaya akan makna. Setiap motifnya pun mempunyai kegunaan tersendiri, mulai dari acara formal, kegiatan keagamaan, hingga kegiatan sehari-hari.

Kain tenun Endek memiliki berbagai motif, beberapa di antaranya motif patra dan encak saji. Kedua motif tersebut bersifat sakral dan hanya digunakan untuk upacara keagamaan sebab menunjukkan rasa hormat pada Sang Pencipta. Selain itu, ada juga motif yang lebih menggambarkan nuansa alam yang biasanya dikenakan untuk kegiatan sosial atau dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Motif ini biasanya didominasi oleh flora, fauna, dan tokoh pewayangan yang muncul dalam mitologi cerita di Bali.

2. Layang-layang Bali

Layang-layang menjadi salah satu tradisi unik yang dimiliki oleh warga Bali. Apalagi, mereka juga punya beberapa jenis layang-layang khas Bali yang bentuknya unik. Karena keunikan layang-layang yang ada di Bali tersebut, tidak heran kalau masyarakat setempat memiliki acara khusus berupa festival layang-layang yang tak hanya menjadi cara melestarikan tradisi, tapi juga hiburan untuk menarik wisatawan.

Tradisi layang-layang khas Bali dimulai dari kebiasaan para anak petani yang menghabiskan waktunya ketika bermain di area persawahan. Untuk menghilangkan kebosanan, mereka menaikkan layang-layang. Oleh masyarakat Bali, tradisi ini disebut dengan nama rare angon yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh pewayangan dan merupakan wujud dari putra Dewa Siwa yang memiliki penampilan anak-anak.


Halaman :



Tonton Juga :



Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan pengiklan. Wartawan Beritabali.com Network tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.