Desa Pering Diguncang Gempa 8,0 SR dan Tsunami

Simulasi Bencana Libatkan 350 Personel

Minggu, 27 November 2016 | 22:00 WITA

 Simulasi Bencana Libatkan 350 Personel

Gianyar lakukan kegiatan simulasi penanggulangan korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Pantai Pering, Desa Pering, Blahbatuh Gianyar. [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com - Gianyar. Gempa berkekuatan 8,0 SR dengan kedalaman 10 Km, lokasi 9.51 LS-144.74 BT, pukul 09.30 Wita dan berpotensi menimbulkan Tsunami membuat masyarakat di Desa Pering panik. Lima menit berselang Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar mengeluarkan peringatan dini, akan adanya bahaya Tsunami.
 
Mendapat informasi Tsunami, Petugas yang terdiri dari Seluruh instansi Pemkab. Gianyar, SAR, bersama aparat TNI dan Polri, PMI membuat Posko Keamanan dan melakukan prosedur penanggulangan bencana.
 
Dari kejadian bencana ini, dilaporkan terdapat 1200 korban luka dan 120 meninggal dunia, kerugian akibat bencana diperkirannya mencapai miliaran rupiah. Namun berkat kesigapan petugas masyarakat segera mendapat pertolongan, dan ditampung dibeberapa tempat pengungsian.
 
Demikian terungkap pada kegiatan Simulasi Penanggulangan Korban Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami di Kabupaten Gianyar Tahun 2016 di Pantai Pering, Desa Pering, Blahbatuh Gianyar (27/11).
Sebanyak 350 orang personel terlibat dalam kegiatan simulasi yang sudah kali keempat dilaksanakan oleh BPBD Gianyar. 
 
Kalak BPBD Gianyar, Anak Agung Oka Digjaya ditemui disela-sela pelaksanaan simulasi menyampaikan, kegiatan ini, dimaksudnya untuk memberikan informasi dan kepngetahuan, serta melatih kesigapan petugas dalam menanggulangan bencana.
 
“Kita semua tentunya tidak berharap terjadi bencana, namun dengan kegiatan simulasi ini, diharapakan kita semua memiliki informasi dan memiliki kesiapsiagaan bersama dalm menghadapi bencana, sehingga dapat meminimalisir korban dan kerugian”, ungkap Agung Oka Digjaya. [rls/wrt]


Minggu, 27 November 2016 | 22:00 WITA


TAGS: simulasi gempa tsunami




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: