Festival Kebudayaan Internasional

Ogoh-Ogoh Bali Bikin Heboh Kota Kuno Plovdiv

Selasa, 30 Juli 2013 Dibaca : 2132 kali
Ogoh-Ogoh Bali Bikin Heboh Kota Kuno PlovdivSumber Foto : beritabali.com

Beritabali.com, Bulgaria. Tim kesenian Bali memukau ribuan penonton dalam ajang Festival Kebudayaan Internasional yang digelar di Kota Plovdiv, Bulgaria, 29 Juli 2013. Dalam festival ini, tim kesenian Bali menampilkan beberapa jenis tarian termasuk dua buah ogoh-ogoh ukuran sedang.

Festival Kebudayaan Internasional di Kota Plovdiv Bulgaria  ini diawali dengan parade budaya yang diikuti negara-negara peserta. Parade budaya ini dimulai dari area Levski House menuju Stefan Stambolon Square di pusat kota kuno Plovdiv. Parade budaya ini diikuti beberapa negara peserta seperti Armenia, Venezuela, Yunani, Indonesia, Italy, Rumania, Slovakia, dan tuan rumah Bulgaria, serta beberapa partisipan lokal.

Dalam parade budaya ini, para peserta parade menampilkan aneka jenis kesenian dari negara masing-masing yang didominasi oleh tarian dengan pakaian khas uniknya masing-masing.

Dalam parade ini, tim kesenian Indonesia yang terdiri dari tim kesenian Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar dan tim kesenian Sandhimurti Indonesia, menampilkan parade penari Bali, tari barong dan rangda, serta dua buah ogoh-ogoh ukuran sedang. Uniknya, satu buah ogoh-ogoh diarak anggota Sandhimurti yang berasal dari Bulgaria.

Parade tim kesenian dari Bali menarik perhatian ribuan penonton yang hadir di lokasi acara. Beberapa warga setempat mengabadikan momen langka ini dengan berfoto bersama penari Bali dan juga ogoh-ogoh yang ada.

"Ini unik, baru kali ini saya melihat bentuk kesenian seperti ini, ada boneka raksasa yang diangkat beberapa orang, sangat unik,"ujar Eliana, salah seorang penonton dalam acara festival ini.

Selain mengikuti parade, tim kesenian mancanegara juga menampilkan atraksi kesenian mereka di teater kuno peninggalan Romawi di pusat kota Plovdiv. Di amphiteater tua ini, tim kesenian dari mancanegara bergantian menampilkan atraksi kesenian yang memukau ribuan penonton yang hadir di festival ini.

Festival Kebudayaan Internasional di kota Plovdiv ini merupakan festival yang digelar rutin sejak 19 tahun lalu. Dalam festival tahun ini, tim kesenian Bali menjadi wakil Indonesia dan satu-satunya wakil dari negara Asia.

"Ini merupakan festival budaya tahunan, semua jenis kesenian tradisional masing-masing negara ditampilkan di tempat ini, sangat menarik untuk dikunjungi,"ujar Dina Martina, dari Dinas Penerangan Sosial Budaya KBRI Sofia Bulgaria.

Festival Kebudayaan Internasional di Kota Plovdiv ini sendiri berlangsung mulai tanggal 29 Juli hingga 3 Agustus 2013. Selain di Kota Plovdiv, tim kesenian dari Bali juga akan pentas di kota lainnya yakni di Kota Stamboliyski dan Gabrovo

Ketua Tim Kesenian Bali Indonesia, Prof. Made Titib menyatakan, kehadiran tim kesenian Indonesia dalam festival Kebudayaan Internasional di Kota Plovdiv ini merupakan kerjasama G to G atau antara pemerintah, yakni antara pemerintah Indonesia dan Bulgaria.

"Kita diundang secara resmi untuk hadir ikut serta dalam festival kebudayaan internasional di Bulgaria. Kita berangkat juga seijin Menteri, dan tentu saja menggunakan anggaran resmi dari negara, semuanya sudah ada anggaran resminya. Ini tugas negara dalam rangka mempromosikan budaya Bangsa Indonesia dan juga Bali di dunia internasional,"tegasnya. (dev)

  • Lihat Arsip Berita Lainnya :
  •  

0 Comments

  1. No rows to display

Kirim Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar. *

Anda belum login sebagai member,

Masukkan username anda

Masukkan password anda

Kirim Komentar Anda


Tidak Terbaca? Klik Untuk ganti text.

Ketik kode keamanan di atas