Hari Raya Kuningan

Ribuan Umat Hindu Padati Pura Luhur Pakendungan

Sabtu, 22 Mei 2010 Dibaca : 1219 kali
Ribuan Umat Hindu Padati Pura Luhur PakendunganSumber Foto : Beritabali.com
Upacara piodalan di Pura Luhur Pakendungan yang jatuh pada hari Sabtu Kliwon Kuningan tanggal 22 Mei 2010 yang bertepatan dengan Hari Raya Kuningan, dipadati dengan ribuan umat Hindu yang berasal dari berbagai daerah di Bali.

Rangkaian upacara puncak diawali dengan upacara "pengrebegan" dari Puri Kediri, sekitar pukul 11.30 wita. Upacara ini ditandai dengan membawa keris Bendesa Sakti yang disimpan di Puri Kediri. Setelah upacara "pengrebegan", dilanjutkan dengan "ngaturang piodalan" yang berlangsung pada pukul 14.00 wita. Upacara "dipuput" atau dipimpin oleh Ida Peranda dari Griya Timpag Kerambitan.

Ribuan umat Hindu yang tangkil atau hadir ke Pura Luhur
Pakendungan berasal dari berbagai daerah di Bali. Pemedek atau umat sudah mulai berdatangan untuk melakukan persembahyangan pada pukul 04.00 dini hari waktu setempat.

Keramaian mulai terlihat pada pukul 10.00 wita, dan puncaknya terjadi pada pukul 14.00 wita sampai malam hari.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka dari pihak Badan Operasional Obyek Wisata Tanah Lot yang dibantu oleh Pecalang Desa Pekraman Beraban dan aparat kepolisian mengarahkan parkir kendaraan para "pemedek" ke parkir umum di sebelah barat yang biasanya digunakan sebagai parkir bus, parkir pelaba Pura Luhur Pakendungan, dan lahan kosong tanah milik pribadi sebelah selatan parkir umum Obyek Wisata Tanah Lot.

Piodalan di Pura Luhur Pakendungan akan berlangsung atau nyejer selama 3 hari berturut-turut yaitu sampai hari Selasa tanggal 25 Mei 2010.

Bersamaan dengan piodalan di Pura Luhur Pakendungan, hari itu juga merupakan "piodalan" di Pura Batu Mejan yang lokasinya di areal Enjung Galuh yang berdekatan dengan Pura Batu Bolong dan juga piodalan di Pura Patok yang lokasinya berdekatan dengan Pura Luhur Pakendungan.

Selain banyaknya jumlah pemedek yang nangkil ke Pura Luhur Pakendungan, dan Pura Batu Mejan, Obyek Wisata Tanah Lot juga dipenuhi oleh pengunjung lain yang berasal dari luar Pulau Bali dan tentunya dari lokal Bali. Mereka datang ke Obyek Wisata Tanah Lot untuk menghabiskan liburan selama Hari Raya Kuningan.

”Kami perkirakan puncak kepadatan pengunjung akan
terjadi pada hari Minggu besoknya tanggal 23 Mei 2010 karena bertepatan dengan Umanis Kuningan,” jelas Manager Objek Wisata Tanah Lot I Made Sujana. (nod)
  • Lihat Arsip Berita Lainnya :
  •  

0 Comments

  1. No rows to display

Kirim Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar. *

Anda belum login sebagai member,

Masukkan username anda

Masukkan password anda

Kirim Komentar Anda


Tidak Terbaca? Klik Untuk ganti text.

Ketik kode keamanan di atas