1.080 Layang-Layang Ikut Lomba di Padanggalak

Sabtu, 30 Juli 2011 Dibaca : 3726 kali
1.080 Layang-Layang Ikut Lomba di PadanggalakSumber Foto : beritabali.com images

Sebanyak 1.080 layang-layang diikutsertakan dalam Lomba Layang-Layang Bali yang ke-33 di Denpasar Bali. Hampir semua layangan yang disertakan dalam lomba  ini berukuran raksasa.

Lomba layang-layang ini digelar di kawasan Pantai Padanggalak Denpasar. Lomba yang digelar selama tiga hari berturut-turut (29-31 Juli) ini diikuti ratusan sekeha atau kelompok pecinta layangan dari seluruh Bali.

Layangan yang dipertandingkan dalam lomba ini dibagi dalam dua kategori yaitu jenis tradisional seperti layangan jenis jangan, pecukan, dan bebean, serta kategori layangan kreasi.  Hampir semua layangan yang ikut lomba ini berukuran jumbo atau raksasa ukuran panjang 3 meter lebih.

Untuk bisa menerbangkan satu buah layang-layang ukuran raksasa ini diperlukan belasan hingga puluhan orang. Semua peserta dari setiap kelompok harus bekerjasama agar layangan mereka bisa terbang dengan baik selama lomba.

Meski mengikuti lomba di bawah terik panas matahari dan membutuhkan tenaga ekstra, namun para peserta mengaku senang bisa ikut lomba ini.

“Senang bisa menerbangkan layangan bersama-sama kawan, ini wujud kebersamaan kami, selain untuk melestarikan tradisi,” ujar salah seorang peserta dari Denpasar yang bernama Krisna.

“Selain sebagai ajang berkumpul para penghobi layang-layang, lewat lomba ini aneka jenis layangan tradisional Bali seperti bebean, jangan, dan pecukan diharapkan akan tetap lestari. Disamping itu lewat lomba ini juga diharap akan muncul layangan kreasi  hasil inovasi para pecinta layangan di Bali,” kata  Ketua panitia lomba I Gusti Putu Rai Andayana. (dev)

 

  • Lihat Arsip Berita Lainnya :
  •  

2 Comments

  1. nugrah

    Senin, 01 Agustus 2011, 00:00 WITA

    melestarikan layang-layang bali , dan bisa juga mewujudkan kebersamaan bersama kawan , itulah tujuan lomba ini , kecewa gak dapet nonton kesana .. hehehe

    jiotisha

    Senin, 08 Agustus 2011, 00:00 WITA

    siapa pemenanya

Kirim Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar. *

Anda belum login sebagai member,

Masukkan username anda

Masukkan password anda

Kirim Komentar Anda


Tidak Terbaca? Klik Untuk ganti text.

Ketik kode keamanan di atas