TKI Asal Buleleng Bali Mati Ditembak Perampok di Carolina AS

BP3TKI: Korban Tidak Tercatat di BP3TKI Denpasar

Senin, 30 April 2012 Dibaca : 1045 kali
BP3TKI: Korban Tidak Tercatat di BP3TKI DenpasarSumber Foto : Beritabali.com

Beritabali.com, Denpasar. Berdasarkan evaluasi Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar menunjukkan bahwa Luh Endang Susiani TKI asal Bali yang menjadi korban penembakan perampok di Carolina Amerika tidak tercatat di BP3TKI.

Hal ini terjadi karena Luh Endang Susiani berangkat sebagai TKI ke Amerika pada November 2009, sedangkan BP3TKI Denpasar baru berdiri pada tahun 2010.

Kepala BP3TKI Denpasar Wayan Pageh menyatakan akibat tidak adanya data tersebut sangat sulit untuk melacak identitas dan keberadaan korban. Belum lagi Luh Endang Susiani tidak memegang Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN).

“Ternyata setelah diperiksa tidak ada, sehingga kami kehilangan jejak, PT-nya kami tidak tahu, perusahaan tempat mereka bekerja kami tidak tahu, karena untuk mendapatkan KTKLN tersebut salah satu persyaratannya harus ada PK (perjanjian kerja),” tegas Wayan Pageh.

Pageh menyebutkan sejak 2010 hingga saat ini jumlah TKI Bali yang tercatat bekerja di Amerika berjumlah sekitar 10.000 TKI. Namun jumlah TKI Ilegal asal Bali yang bekerja di Amerika diperkirakan berjumlah 4 kali lipat. (mlt)

  • Lihat Arsip Berita Lainnya :
  •  

0 Comments

  1. No rows to display

Kirim Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar. *

Anda belum login sebagai member,

Masukkan username anda

Masukkan password anda

Kirim Komentar Anda


Tidak Terbaca? Klik Untuk ganti text.

Ketik kode keamanan di atas