2013 Kunjungan Wisman Ke Bali Meningkat 15 Persen

Selasa, 18 Desember 2012 Dibaca : 2609 kali
2013 Kunjungan Wisman Ke Bali Meningkat 15 Persen Sumber Foto : google.com/ilustrasi

Beritabali.com, Renon. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali pada tahun depan diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga 15 persen. Prediksi tersebut didasarkan pada banyaknya kegiatan internasional di Bali pada tahun depan, salah satunya pertemuan kerjasama ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2013.
 
Ketua PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dalam keteranganya di Renon (18/12/2012) menyampaikan faktor pendukung lainnya yaitu adanya perbaikan infrastruktur berupa perluasan Bandara Ngurah Rai Bali dan adanya tambahan penerbangan langsung menuju Bali. Menurut Tjokorda Sukawati, kenyataan yang harus dihadapi kemudian adalah peningkatan kunjungan wisatawan tersebut belum tentu memberikan peningkatan pendapatan, karena dalam 10 tahun terakhir lama tinggal wisatawan di Bali rata-rata hanya 4 hari.
 
“Kunjungan wisatawan di Bali yang dulu sebelum tahun 2002 bisa di atas 14 hari sekarang sudah turun 5 hingga 4 hari, kalau kita melihat dari kedatangan saja, itu tidak menjamin, peningkatan devisa berdasarkan transaksi, kalau dia tinggal sebentar nilai transaksinya sedikit sekali,” papar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.
 
Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyebutkan tantangan berikutnya adalah banyaknya hotel baru di Bali. Kehadiran hotel-hotel baru tersebut menyebabkan jumlah kamar hotel kini diprediksikan mencapai 98.000 kamar. Padahal jumlah kamar hotel awalnya diprediksikan hanya sekitar 65.000 kamar. Kondisi ini yang menyebabkan perang harga dan rendahnya tingkat hunian hotel di Bali. Sementara berdasarkan data Dinas pariwisata Bali jumlah kunjungan wisatawan ke Bali pada tahun 2012 ditargetkan mencapai 2,8 juta wisatawan. (mlt)
 

  • Lihat Arsip Berita Lainnya :
  •  

0 Comments

  1. No rows to display

Kirim Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar. *

Anda belum login sebagai member,

Masukkan username anda

Masukkan password anda

Kirim Komentar Anda


Tidak Terbaca? Klik Untuk ganti text.

Ketik kode keamanan di atas