PHDI Pusat: Pura di Bali Tidak Bersih dan Kurang Sehat

Selasa, 11 Juni 2013 Dibaca : 2279 kali
PHDI Pusat: Pura di Bali Tidak Bersih dan Kurang SehatSumber Foto : svahabali.com

Beritabali.com, Sanur. Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayor Jenderal Sang Nyoman Suwisma mengaku kecewa dengan kebersihan pura yang ada di Bali.

Mantan Wakil Komandan Jenderal Kopassus itu menegaskan bahwa pura di wilayah Bali tidak bersih dan tidak sehat.

"Pura di Bali mengecewakan, tidak bersih dan tidak sehat. Kebanyakan pura di Bali tidak menyediakan kamar mandi dan wc. Di sekitar pura banyak yang bau pesing karena banyak orang kencing sembarangan akibat tidak ada wc di pura," ujar Suwisma, dalam keterangan resminya, di Sanur, Denpasar, Selasa (11/6/2013).

Suwisma menuturkan jika pura di luar Bali justru lebih bersih dan Sehat. "Pura di luar Bali justru lebih bersih seperti pura di Jawa Tengah, Jakarta, di sulawesi utara. Jawa timur," bebernya.
 
Melihat realita itu, Suwisma mengungkapkan jika pihaknya akan membuat proyek hidup bersih dan sehat. Baginya, kesucian pura juga mencerminkan kebersihan dan kesehatan.

Selain itu, pemangku yang kukunya panjang dan kotor harus dibuatkan alat khusus untuk memercikkan tirta atau air suci. "Suci itu di atas bersih dan sehat. Bersih
dan sehat belum tentu suci. Suci harus bersih dan sehat," tuturnya. (dws)
 

  • Lihat Arsip Berita Lainnya :
  •  

0 Comments

  1. No rows to display

Kirim Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar. *

Anda belum login sebagai member,

Masukkan username anda

Masukkan password anda

Kirim Komentar Anda


Tidak Terbaca? Klik Untuk ganti text.

Ketik kode keamanan di atas