Berlokasi di Kubutambahan

Tahun Ini Bandara Internasional Buleleng Mulai Digarap

Kamis, 03 Januari 2013 Dibaca : 8251 kali
Tahun Ini Bandara Internasional Buleleng Mulai DigarapSumber Foto : google.com/ilustrasi

Beritabali.com, Singaraja. Impian masyarakat Bali utara untuk memiliki bandara bertaraf internasional nampaknya bakal segera terwujud. Pemerintah pusat tahun ini menjadwalkan peletakan batu pertama pembangunan Bandara Internasional Buleleng atau BIB.

Dari informasi yang berhasil diperoleh, rencana pembangunan proyek Bandara Udara Internasional di Bali Utara ini merupakan Program Nasional dan telah tercatat di Bappenas. Bandara ini rencananya akan dibangun di Kawasan Kubutambahan Buleleng.

Kepastian ini dikuatkan setelah Presiden Komisaris Angkasa Pura bersama Direktur Angkasa Pura meninjau sejumlah titik lokasi di Kawasan Kubutambahan, Buleleng. Bahkan pada tahun ini, Pemerintah Pusat telah menjadwalkan akan melaksanakan upacara peletakan batu pertama di lokasi pembangunan Bandara Internasional di Bali Utara. Bandara Internasional Buleleng (BIB)  ini nantinya akan dibangun serupa dengan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan memanfaatkan satu run way atau landasan pacu pesawat.

Terkait rencana pembangunan Bandara Internasional Buleleng ini, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyatakan,  pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI, bulan depan (Februari) akan mengundang Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana bersama jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait ke Jakarta untuk memastikan lokasi proyek pembangunanan Bandara Internasional tersebut.

“Secara resmi lokasi pembangunan proyek Bandara di Bali Utara akan ditentukan secara resmi bulan depan di Jakarta. Setelah itu akan dirangkaikan dengan berbagai langkah untuk mengamankan lokasi proyek, termasuk membuat aturan terkait masalah jual beli tanah di lokasi yang akan dibangun tersebut, sehingga tidak ada permainan calo nantinya,” ujar Agus Suradnyana, kepada kabarbuleleng.com, di Singaraja, Kamis (3/1/2013).

Dalam pembebasan lahan milik masyarakat untuk pembangunan Bandara Udara Internasional, diharapkan tidak merugikan masyarakat sekitarnya.

"Akan dibuatkan ketentuan khusus yang sama-sama memberikan keuntungan dan kontribusi dalam hal pembebasab lahan,” tegas Agus.

Rencana pembangunan bandara di Bali utara ini sebelumnya getol disampaikan mantan Menteri Budaya dan Pariwisata Jero Wacik. Dalam sebuah acara di Desa Kedisan Batur beberapa waktu lalu, Wacik sempat berujar bandara baru Buleleng akan dibangun persis di balik atau sisi utara Gunung Batur.

"Perekonomian dan pariwisata di wilayah Batur dan Kintamani Bangli akan semakin maju, karena di balik Gunung Batur itu nantinya akan berdiri sebuah bandara baru," kata Wacik.

Jika melihat peta Bali, maka wilayah yang dikatakan Jero Wacik terletak di sebelah utara Gunung Batur antara lain Kubutambahan dan Tejakula. (dev/tha/bbn)
 

  • Lihat Arsip Berita Lainnya :
  •  

0 Comments

  1. No rows to display

Kirim Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar. *

Anda belum login sebagai member,

Masukkan username anda

Masukkan password anda

Kirim Komentar Anda


Tidak Terbaca? Klik Untuk ganti text.

Ketik kode keamanan di atas