Kemendikbud Desak Bangli Bentuk Badan Pengelola Geopark Batur

Selasa, 30 Juli 2013 Dibaca : 526 kali
Kemendikbud Desak Bangli Bentuk Badan Pengelola Geopark BaturSumber Foto : google.com

Beritabali.com, Renon. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendesak pemerintah Kabupaten Bangli untuk segera membentuk Badan Pengelola Geopark Batur. Pembentukan Badan Pengelola Geopark Batur dinilai sangat penting dan strategis dalam upaya menjaga kelestarian kawasan Geopark Batur Bangli.
 
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Kacung Marijan dalam keteranganya di Renon (30/7/2013) mengungkapkan dengan adanya badan pengelola maka perencanaan pengembangan Geopark Batur dapat dilakukan secara terkoordinasi. Selain itu kerusakan lingkungan di kawasan Geopark dapat diminimalkan.
 
“itu harus ada badan pengelola yang terintegrasi dan memiliki 3 fungsi pokok yaitu fungsi konservasi, pengembangan, dan pemanfaatan termasuk disitu untuk pendidikan, badan pengelola ini bukan hanya mengurusi tiket juga mendidik masyarakat disekitar itu supaya tidak merusak lingkungan” ujar Prof. Kacung Marijan.
 
Kacung Marijan menambahkan dengan adanya Badan Pengelola Geopark Batur maka konflik kepentingan dapat diredam. Apalagi saat ini permasalahan utama dalam pengelolaan Geopark Batur adalah masih adanya penambangan galian C di Kawasan Geopark Batur. Belum lagi dalam kawasan Geopark Batur terdapat 15 desa yang masyarakatnya masuk dalam kategori miskin. (mlt)
 

  • Lihat Arsip Berita Lainnya :
  •  

0 Comments

  1. No rows to display

Kirim Komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar. *

Anda belum login sebagai member,

Masukkan username anda

Masukkan password anda

Kirim Komentar Anda


Tidak Terbaca? Klik Untuk ganti text.

Ketik kode keamanan di atas